Menanam tanaman dalam ruangan memang bukan hal yang mudah. Karena butuh perhatian ekstra agar bunga tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu ketelatenan adalah hal yang penting untuk hal ini. Sedikit saja kita tidak memerhatikan tanaman yang ditanam di dalam ruangan, bisa-bisa tanaman menjadi layu atau mati. Karena tanaman tersebut tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup berbeda dengan tanaman yang ditanam diluar ruangan.

Maka dari itu hal-hal berikut ini yang harus diperhatikan dalam menanam tanaman didalam ruangan.

1. Air

Untuk menyiram tanaman di dalam ruangan tidak memerlukan banyak air. Jangan disiram terlalu sering pada tanaman yang diletakkan di dalam ruangan. Tanah yang terlalu basah membuat tanaman cepat mati karena tanaman bisa membusuk. Karena udara di dalam ruangan yang lebih sejuk, tanah, batang, dan daun tanaman di dalam ruangan lebih lama keringnya saat terkena air.

Gunakan spray agar lebih mudah untuk menyiram agar air tidak tumpah ke mana mana. Bila ada genangan air di dalam pot, anda harus segera membuangnya karena itu bisa berakibat pada akarnya menjadi busuk dan mati.

2. Suhu

Anda harus mengatur suhu ruangan agar tetap berada di kisaran 22 derajat Celcius di waktu malam dan 24 derajat Celcius di waktu siang.

3. Cahaya matahari

Keluarkan tanaman 1-2 seminggu selama 1-2 jam agar kebutuhan cahaya matahari tercukupi. karena tanaman tetap membutuhkan udara luar dan cahaya matahari agar pertumbuhannya tak terganggu. Pastikan seluruh bagian tanaman terkena cahaya matahari.

4. Pot

Pastikan pot berlubang dan jangan beri tatakan agar air yang tidak diperlukan bisa mengalir melalui lubang tersebut. Gantilah pot secara berkala karena tanaman tidak dapat tumbuh selamanya di pot yang sama. Pot pengganti harus lebih besar dari sebelumnya, karena pasti tanaman akan bertambah besar dan kebutuhan ruang yang lebih besar bagi akarnya terutama. Disarankan memilih pot plastik dan tanah liat juga baik digunakan karena dapat menjaga kelembapan tanah lebih lama.

5. Pemilihan tanaman

Anda bisa menanam tanaman hias daun atau bunga. Bila anda ingin menanam bunga mawar,pastikan jenis mawar tersebut dapat beradaptasi dan tumbuh di dalam ruangan. Selain itu bunga yang bagus untuk ditanam di dalam ruangan anda bisa memilih bunga anthurium dan peace lily. Jika anda ingin menanam tanaman hias daun dengan corak atau bentuk yang unik anda bisa memilih tanaman seperti lidah mertua,aglonema,atau spider plant

6. Kebutuhan nutrisi tanaman.

Kebutuhan nutrisi tanaman sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Anda harus rajin memberinya pupuk dan kebutuhan nutrisi lainnya agar bisa tumbuh dengan baik.

7. Hama

Jangan sampai tanaman anda terkena hama seperti ulat,jamur,virus atau binatang lain yang dapat merusak tanaman. Bersihkan tanaman hias daun seperti lidah mertua dengan cara mengelap daunnya bagian atas dan bawah yang berdebu. Bila tanaman sudah terlanjur terkena hama anda bisa membeli obat tanaman yang aman bagi tanaman anda.

Setelah mengetahui hal-hal diatas, apakah anda ragu untuk menanam di dalam ruangan? Memang terlihat tidak gampang tapi tidak sulit juga. Anda hanya harus telaten dalam merawat tanaman tersebut. Selain untuk dekorasi rumah, tanaman hias bunga atau daun bisa untuk penyaring udara di dalam ruangan anda agar udara menjadi lebih sehat. Selain itu ruangan akan nampak lebih sejuk karena warna hijaunya dan bunga-bunga yang tumbuh akan menambah keindahan ruangan.


sumber : toko bunga solo